LIFE JOURNAL

Dari Suka Bikin Kimchi, Jadi Jualan Kimchi

Kimchi, makanan fermentasi khas Korea ini lagi booming banget deh kayanya sekarang. Apalagi buat temen-temen pecinta drakor atau K-pop kayanya udah ga asing lagi sama makanan ini.

Kimchi ini salah satu makanan yang diklaim sebagai salah satu makanan tersehat di dunia. Karena kimchi ini punya kandungan probiotik yang bagus untuk usus. Kalau di Indonesia mungkin kaya tape ya, soalnya kan sama di fermentasi juga. 

Tapi, jauh sebelum saya tau tentang kimchi yang bagus untuk usus ini, saya dulu pertama kali bikin karena penasaran pengen nyobain. Itu pun gara-gara dulu tiap nonton drama Korea atau variety show Korea tu suka ngiler banget tiap ada yang makan kimchi. Dan kaya yang enak banget gitu tiap liatinnya.

Percobaan Pertama Bikin Kimchi

Terus dulu sama temen kuliah yang sama-sama suka korean, akhirnya kami nyobain bikin gitu. Eh tapi, waktu nyari resepnya ada beberapa cara gitu, terus kami milih yang gampang dibikin aja deh. 

Pas bikin tu udah semangat banget gitu, terus udah ga sabar pengen nyobain. Tapi kan harus disimpen beberapa hari di suhu ruang dulu ya. Temen tu suka laporan gitu, airnya ada nambah, terus ada gelembung-gelembung gitu. Nah dari sumber yang saya temuin waktu itu juga salah satu ciri fermentasinya berhasil ya ada penambahan volume air sama ada gelembung-gelembungnya gitu.

Ampe akhirnya di hari ke-3 setelah didiemin, kami udah ga sabar tu pengen nyobain. Udah semangat bawa nasi anget gitu, eh taunya zonk haha. Asemnya udah ada, bau-bau khas fermentasinya udah ada, tapi asiiiiiiiiin banget haha. Alhasil ga jadi dimakan deh dan kita ketawa-ketawa aja jadinya, terus beli lauk pauk yang lain buat makan haha.

Terus nyobain percobaan ke-2 kalinya bikin kimchi. Dan pas bikin yang kedua ini Alhamdulillah berhasil, ga asin banget, pas lah buat lidah kami waktu itu. Nah, dari sana deh akhirnya suka bikin kimchi. Tapi waktu mulai suka bikin kimchi tu pas udah kerja, bikin di kosan.

Ketemu Orang Korea dan Belajar Bikin Kimchi

Kebeneran tu waktu kerja ketemu sama orang Korea yang sekarang udah jadi kaya keluarga gitu. Terus pas kebeneran mereka bawa kimchi dan pas nyobain kimchi yang dibikin sama orang Korea aslinya tu mantap banget deh rasanya.

Mereka sampe heran waktu saya bilang saya suka kimchi, soalnya biasanya orang luar Korea tu banyak yang ga suka karena baunya yang cukup menyengat. Terus ketemu orang Korea lagi yang baru dan yang ini udah kaya orang tua sendiri gitu.

Dari situ deh saya mulai nambah ilmu baru tentang cara bikin kimchi yang ternyata ada alternatif lain buat bikin kalau beberapa bahan ga ada gitu. Jadi berasa dapet ilmu gratis hihi. Terus pas abis bantuin bikin kimchi, dikasih pula enak banget deh mantap. Ah, ngomongin temen-temen Korea jadi kangen mereka deh.

Mulai Jualan Kimchi

Lama kelamaan karena suka bawa kimchi juga ke kantor waktu itu, temen-temen mulai request ke saya buat jualan kimchi aja gitu. Akhirnya saya memberanikan diri buat jualan kimchi. 

Awalnya sih temen-temen kantor yang suka beli karena waktu itu belum berani buat jualan lebih banyak lagi. Lama-lama saya mulai beraniin diri buat jualan di instagram pribadi saya siapa tau ada yang tertarik buat beli.

Ya, walaupun kebanyakan masih orang-orang yang pernah nyobain kimchi buatan saya tapi ga masalah. Toh waktu itu niatnya juga sekalian bikin banyak gitu kalo ada yang mau beli ya syukur kalo ga ada ya udah ga apa-apa. Toh kimchi makanan yang lumayan awet juga.

Mulai beraniin diri jualan kimchi sebulan sekali, terus mulai nambah pembeli baru. Dan Alhamdulillah sejauh ini responnya bagus dan malahan ada yang repeat order dan bahkan jadi reseller juga.

Ada beberapa jenis kimchi yang suka saya buat, kalau yang umum itu kimchi sawi, terus biasanya saya bikin kimchi lobak sama kimchi kucai juga. Walaupun lebih sering bikin kimchi sawi sama kimchi lobak.

Kalau ada yang berhasil bikin kimchi dari resep saya atau bahkan ikut jualan juga saya sih seneng-seneng aja, ga merasa rugi sama sekali. Toh sekarang udah banyak banget juga yang share resep bikin kimchi. Gampang banget buat nyari resepnya. Tinggal buka browser, search ‘resep kimchi’ pasti banyak muncul deh tinggal pilih aja mau ngikutin yang mana. Kalau masalah rezeki ga akan ketuker ko, pembeli juga pasti milih yang sesuai selera mereka kan hehe.

Sekian deh cerita-cerita saya kali ini. Di postingan selanjutnya saya bakalan coba share resep kimchi yang biasa saya buat deh ya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *