BLOG COMPETITION

#Day27 Kue dan Kudapan Lebaran Favorit

Hari ke-27 puasa di tahun ini, semakin dekat dengan hari raya Idul Fitri yang dinanti-nanti. Dan tetap berharap bisa berjumpa kembali dengan bulan ramadhan di tahun-tahun berikutnya. Ntah kenapa, bulan ramadhan tahun ini terasa sangat cepat sekali.

Mendekati hari raya Idul Fitri, tradisi mudik pun biasanya sering dilakukan oleh orang-orang Indonesia. Namun, sayangnya tahun ini pun mudik kembali dilarang oleh pemerintahan, demi menekan pertumbuhan pandemi covid. Meskipun banyak terjadi pro dan kontra dari masyarakat.

Anyway, saya ga akan bahas mengenai masalah mudik dengan pro dan kontranya. Karena kali ini saya akan membahas mengenai kue-kue lebaran yang biasanya hadir menemai hari raya Idul Fitri.

Kue Lebaran yang Wajid Ada di Rumah

Mendekati hari raya Idul Fitri, biasanya salah satu kegiatan yang umumnya dilakukan oleh orang-orang Indonesia adalah membuat kue lebaran. Kue lebaran ini biasanya disiapkan tidak hanya untuk orang-orang rumah, tapi juga untuk suguhan tamu yang datang ke rumah ketika berkunjung.

Umumnya kue kering seperti kue nastar, kastengel, putri salju dan kacang goreng, merupakan kue kering dan kudapan yang biasanya ada di rumah-rumah. Dulu pun waktu saya kecil, kue-kue itu selalu ada di rumah.

Kebetulan dulu bunda saya itu menerima pesanan kue-kue lebaran, jadinya bikin kue-kue lebaran itu dicicil seminggu sebelum hari raya Idul Fitri dan bisa dikerjakan seharian dari pagi sampai sore hari menjelang berbuka puasa.

Saking seringnya dulu bikin kue ampe nyium bau kue tu kadang-kadang bosen haha. Meskipun kadang suka eneg nyium bau kue, beberapa kue kering di bawah ini menjadi kue favorit saya dan biasanya selalu saya request ke bunda.

Beef Kastengel
https://www.freepik.com/premium-photo/kaasstengels-kastengel-dutch-indonesian-cheese-stick-cookies_9747547.htm

Kue kastengel ini kayanya hampir jadi primadonanya banyak orang deh. Dengan rasanya yang khas, gurih dan crunchy. Kue ini juga jadi salah satu kue yang pasti sering dijumpai ketika hari raya Idul Fitri atau lebaran.

Nah, suatu ketika, bunda saya bikin kue kastengel dengan resep yang berbeda. Adonannya ditambahkan daging giling atau gampangnya bisa pakai tambahan kornet. Waktu adonan ini di panggang, duh wanginya tu ga nahan banget bikin laper.

Dan pas udah matang, nyoba makan dan yes saya suka banget sama kue beef kastengel ini. Perpaduan keju dan dagingnya itu mantap banget deh pokoknya, sampe-sampe kayanya stok dirumah tu bisa abis sama saya sendiri haha. Jadi setelah pertama kali bikin kue ini akhirnya saya suka request untuk bikin lagi deh kalau lebaran.

Cheese Stick
https://www.tokopedia.com/300988/stick-kentang?whid=1377603

Masih dengan cita rasa gurih dan masih dengan olahan keju. Cheese stick ini juga jadi kudapan yang harus ada kalau lagi lebaran. Ga jauh beda sama kue kastengel, cheese stick ini juga bisa saya abisin sendiri kalau ada di rumah.Β 

Dimakan sambil nonton itu udah pasti ga nyadar kalau ngabisin banyak haha. Ditambah lagi, kalau pakai cocolan saus sambal, duh bikin nagih deh pokoknya.

Choco Chips

Selain penggemar keju, saya juga suka banget sama yang namanya coklat. Dulu sering banget tu beli camilan choco chips di minimarket. Ampe akhirnya lagi-lagi bunda bikin sendiri tu kue choco chips.

Selain enak, saya juga waktu bantuin bikin bisa request buat dibanyakin choco chips nya biar makin mantep haha. Dan yaaa, kalau ga sadar udah pasti nasibnya sama kaya kastengel dan cheese stick juga hehe.

Putri Salju
https://www.youtube.com/watch?v=tjGMABp9jcw&ab_channel=DapurDina

Kue lebaran yang udah ga asing lagi itu putri salju. Dimana kalau pas dimakan itu ada sensasi dingin dari gulanya. Perpaduan rasa manis dan gurihnya juga yang bikin nagih. Tapi biasanya kalau ada kue ini, yang paling diincer ya toping gula dan susunya haha.

Dan ternyata, suami saya tu paling suka sama kue ini. Dan alhasil di rumah mertua pun kalau lebaran pasti ada kue salju juga hihi.

Nah, itu sih kue-kue khas lebaran yang biasanya wajib ada di rumah dan jadi beberapa kue kering favorit saya. Kalau kue lebaran yang wajib ada di rumah kamu apa?

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.