BLOG COMPETITION

#Day24 Resep Makanan Andalan Ramadhan Tahun 2021

Sudah hampir satu bulan kita menjalankan ibadah puasa. Dan hampir setiap harinya juga pasti pada bikin menu makanan, baik itu untuk berbuka puasa maupun untuk makan sahur.

Kadang karena udah bingung banget mau masak apa dan pas belanja di warung atau di pasar yang ada misalkan itu-itu aja jadinya suka bingung deh mau masak apa. Kalau udah gitu, nonton channel masakan favorit adalah jalan ninjaku untuk nyari inspirasi masakan hehe.

Tapi kalau udah bingung banget dan males masak, ya udah deh beli makanan aja. walaupun ujung-ujungnya pusing juga mau beli apa ahaha.

Ngomongin soal makanan nih, pastinya tiap keluarga atau tiap orang punya resep makanan andalannya kan. Kalau saya sih sebenernya lebih sering bikin makanan yang simpel aja.

Dan ntah kenapa, ramadhan tahun ini saya lagi sering bikin ‘nasi goreng’ haha. Mungkin karena kebiasaan suka mengumpulkan sisa nasi yang ada di rice cooker, dari pada kebuang jadinya dibuatlah nasi goreng. Tentunya dibuat dengan berbagai racikan nasi goreng supaya ga monoton juga. Berikut ini beberapa resep nasi goreng ala saya dan keluarga.

Nasi Goreng Kecap

Nasi goreng kecap ini sebenernya nasi goreng yang cukup umum dan simpel banget buat dibikin. Biasanya kalau saya bikin nasi goreng kecap ini pasti pedes, maklum emang suka makanan yang pedes gitu.

Bahan-bahan:
  • Nasi untuk 2 porsi
  • Telur ayam 2
Bumbu:
  • Baceman Bawang merah
  • Baceman Bawang putih
  • Cabe rawit yang sudah dihaluskan (Opsional)
  • Garam
  • Kecap
  • Minyak untuk menumis dan menggoreng telur
Cara Membuat:
  1. Masak telur sesuai selera, bisa di dadar atau di telur mata sapi, lalu sisihkan.
  2. Tumis baceman bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit. Masak hingga harum.
  3. Masukan nasi tambahkan garam dan kecap secukupnya. Kemudian aduk nasi hingga semuanya tercampur rata.
  4. Koreksi rasa dan hidangkan.
Catatan: 
  • Kalau ada sayur, sosis, atau baso juga bisa ditambahkan dan dimasak sebelum nasi.
  • Untuk baceman bawang putih dan bawang merah, jika tidak ada bisa pakai bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan saja.
Nasi Goreng Kornet

Kebetulan waktu itu lagi ada stok kornet di rumah. Karena udah bingung mau dibikin olahan apalagi, jadilah kepikiran buat bikin nasi goreng kornet ini.

Bahan-bahan:
  • Nasi untuk 2 porsi
  • Telur ayam 2
  • Kornet
Bumbu:
  • Baceman Bawang merah
  • Baceman Bawang putih
  • Cabe rawit yang sudah dihaluskan (Opisonal)
  • Garam
  • Lada putih / lada hitam (Opsional)
  • Minyak untuk menumis dan menggoreng telur
Cara Membuat:
  1. Masak telur sesuai selera, bisa di dadar atau di telur mata sapi, lalu sisihkan.
  2. Tumis baceman bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit. Masak hingga harum.
  3. Masukan kornet, kemudian aduk-aduk sebentar.
  4. Masukan nasi tambahkan garam secukupnya. 
  5. Kemudian aduk nasi hingga semuanya tercampur rata, koreksi rasa dan hidangkan.
Catatan: 
  • Kalau suka, bisa tambahkan sayuran seperti sawi, wortel atau kacang polong.
  • Untuk baceman bawang putih dan bawang merah, jika tidak ada bisa pakai bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan saja.
Nasi Goreng Ati Ampela

Nasi goreng ati ampela adalah salah satu nasi goreng favorit saya. Karena stok ati ampela lumayan banyak, akhirnya saya buatlah nasi goreng ati ampela ini.

Bahan-bahan:
  • Nasi untuk 2 porsi
  • Telur ayam 2
  • Ati Ampela yang sudah direbus, potong-potong sesuai selera
Bumbu:
  • Baceman Bawang merah
  • Baceman Bawang putih
  • Cabe rawit yang sudah dihaluskan (Opsional)
  • Garam
  • Lada putih/lada hitam (Opsional)
  • Kecap (Opsional)
  • Minyak untuk menumis dan menggoreng telur
Cara Membuat:
  1. Masak telur sesuai selera, bisa di dadar atau di telur mata sapi, lalu sisihkan.
  2. Tumis baceman bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit. Masak hingga harum.
  3. Masukan ati ampela yang sudah dipotong-potong, kemudian aduk-aduk sebentar.
  4. Masukan nasi tambahkan garam secukupnya. 
  5. Aduk nasi hingga semuanya tercampur rata, koreksi rasa dan hidangkan.
Catatan: 
  • Bisa tambahkan sayuran atau topping lainnya jika suka.
  • Untuk baceman bawang putih dan bawang merah, jika tidak ada bisa pakai bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan saja.
Nasi Goreng Kimchi

Setiap bulan saya selalu stok kimchi, selain karena jualan kimchi juga tapi memang suka dengan kimchi. Selain itu, kimchi makanan fermentasi yang baik dan dapat dibuat dengan berbagai olahan masakan. Salah satunya adalah nasi goreng kimchi dengan rasa khas asam pedasnya yang bikin seger.

Bahan-bahan:
  • Nasi untuk 2 porsi
  • Telur ayam 2 (Opsional)
  • Udang (Opsional)
  • Kimchi
Bumbu:
  • Baceman Bawang merah
  • Baceman Bawang putih
  • Garam
  • Minyak wijen (Opsional)
  • Gochujang (Opsional)
  • Minyak untuk menumis dan menggoreng telur/udang
Cara Membuat:
  1. Masak telur sesuai selera, bisa di dadar atau di telur mata sapi, lalu sisihkan.
  2. Tumis baceman bawang putih dan bawang merah, masak hingga harum.
  3. Masukan kimchi yang sudah diiris-iris, kemudian aduk-aduk sebentar.
  4. Masukan nasi tambahkan garam, gochujang dan minyak wijen secukupnya. 
  5. Aduk nasi hingga semuanya tercampur rata, koreksi rasa dan hidangkan.
Catatan: 
  • Pastikan gochujang yang dipakai halal, kalau saya sih bikin sendiri. Nanti saya coba share cara membuat gochujang sendiri.
  • Minyak wijen bisa di skip jika tidak suka aromanya yang terlalu kuat.
Nasi Goreng Bawang Merah

Kalau nasi goreng bawang ini adalah nasi goreng yang paling praktis dibuat. Tapi rasanya tetep maknyus ko, cocok kalau bahan makanan sudah habis tapi pengen makan nasi goreng.

Bahan-bahan:
  • Nasi untuk 2 porsi
  • Telur ayam 2
Bumbu:
  • Bawang merah
  • Garam
  • Minyak untuk menumis dan menggoreng telur
Cara Membuat:
  1. Masak telur sesuai selera, bisa di dadar atau di telur mata sapi, lalu sisihkan.
  2. Tumis bawang merah yang telah diiris-iris, tumis hingga harum.
  3. Masukan nasi tambahkan garam secukupnya. 
  4. Aduk nasi hingga semuanya tercampur rata, koreksi rasa dan hidangkan.
Catatan:
  • Kalau suka, bisa juga tambahkan irisan bawang putih.

Itulah beberapa resep nasi goreng yang sangat-sangat praktis dan simpel buat dibuat. Anak kosan juga pasti bisa bikin nasi goreng yang super parktis ini. Tapi rasanya tetep enak dan bikin nagih. Sayangnya, waktu itu saya kelupaan ga foto dulu makanannya, jadi banyak yang tidak ada foto menu masakannya.

Walaupun resep makanan andalan saat ramadhan tahun ini hanya nasi goreng, yang penting rasanya tetep nikmat dan keluarga juga suka. Itu resep andalan saya, kalau resep andalan kamu apa? Share di kolom komentar ya ^_^.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.