D.I.Y

DIY Alas Duduk Dari Pakaian Lama Tanpa Mesin Jahit

Kegiatan menyortir baju ini sebenernya udah sering dilakuin dari dulu. Biasanya baju-baju yang masih layak pakai suka saya sumbanginke orang-orang yang ada disekitar rumah Bunda. Karena kebenaran emang dari dulu suka ada aja orang yang minta baju yang masih kayak pakai ke Bunda. Bahkan karena masih banyak yang suka minta, akhirnya sepupu-sepupu saya juga suka nitip ke Bunda buat dikasiin ke orang-orang yang butuh disana.ย 

Selain dikasih ke orang-orang yang emang butuh di sekitaran rumah Bunda, pernah juga pas lagi ada bencana alam dikirim ke yang terdampak. Pernah juga pas mulai rubah gaya baju dari yang masih suka pake jeans dan rubah mulai pake celana kulot, rok atau dress itu saya sempet nawarin ke temen deket yang kira-kira mereka emang cocok sama baju saya. Kalau mereka suka sama bajunya dan pas ya saya kasiin aja ama temen, tapi kalau engga ya ujung-ujungnya dikasiin ke orang sekitar rumah Bunda.

Upcycle Baju Lama

Kemarin-kemarin setelah nyortir baju itu saya sempet cari-cari ide buat manfaatin baju lama buat dibikin produk baru. Karena bingung kan kalau kaya pakaian dalam itu ga mungkin dikasiin ke orang lain haha.

Mulai deh nyari-nyari ide di YouTube tentang D.I.Y buat produk baru dari pakaian lama gitu. Ntah dari celana atau baju pokoknya nyoba nyari-nyari dulu gitu. Sampai akhirnya nemu ide buat bikin masker, bantal guling sama keset.

Akhirnya waktu itu saya sempet nyobain bikin masker, nyoba bikin polanya dulu baru deh bikin. Yaaa hasilnya mayanlah buat percobaan pertama walaupun ujung-ujungnya jadi ga dipake karena kekecilan haha. Btw, saya ga punya mesin jait jadi dijait pake tangan manual gitu haha.

Karena maskernya kekecilan akhirnya saya guntingin kecil-kecil dan akhirnya dijadiin buat isian bantal guling gitu deh haha. Disatuin sama pakaian lainnya yang udah saya guntingin kecil-kecil juga biar banyak. Terus ada sarung bantal sama guling yang udah tipis gitu, saya masukin kesitu aja langsung terus biar isiannya ga keluar pinggirannya dijait. Baru abis itu dikasih sarung bantal guling lagi deh.

D.I.Y Alas Duduk Dari Pakaian Bekas Tanpa Mesin Jahit

Sebenernya sebelum akhirnya memutuskan buat bikin alas duduk itu sempet mau nyoba bikin keset gitu. Udah guntingin sesuai ukuran keset gitu, tapi karena terbatas sama alatnya dan keburu males akhirnya beralih bikin alas duduk deh haha.ย 

Kebeneran waktu itu ada sarung suami yang udah ga layak pakai lagi, dikasiin ke orang juga udah ga mungkin. Alhasil si sarung itu dijadiin buat sarung bantal alas duduknya deh.

Sebelumnya saya udah bilang juga kan kalau saya ga ada mesin jait. Jadi otomatis jait manual pake tangan gitu. Tapiii , waktu itu saya lagi males banget banget buat jait manual. Terus kepikiran buat manfaatin lem tembak haha.

Jadi buat nyatuin sisi-sisi nya itu ditempel pake lem tembak aja dan lebih cepet lho bikinnya haha. Ada yang pernah nyoba ga manfaatin lem tembak buat ngejait hihi? Kalo buat isiannya tetep pake pakaian lama yang digunting-gunting gitu. Mayan deh sekarang kalau duduk dilantai ga dingin-dingin banget haha.

Sekian deh, d.i.y bikin alas duduk dari pakaian lama dan tanpa dijait mesin. Temen-temen pernah ada yang coba upcycle pakaian lamanya ga? Biasanya suka dibikin apa nih? Kalau ada cara lain ngejait tanpa mesin jait boleh share disini dong, siapa tau nanti kepikiran buat bikin juga hehe.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *