TRAVELLING

Hidden Gem di Situ Wulukut Kuningan

Sekitar penghujung akhir tahun 2020 saya dan beberapa keluarga dari suami pergi ke tempat wisata di Kuningan. Belum banyak yang tahu tempat ini, tapi orang-orang yang pernah pergi kesini selalu bilang kalau tempat ini tu Ranu Kumbolo nya Kuningan.

Situ Wulukut merupakan sebuah danau yang awalnya dipergunakan untuk menampung persediaan air untuk sawah yang ada sekitarnya. Keindahan alam yang ada di situ Wulukut ini berhasil menarik minat para wisatawan untuk datang kesini, sehingga semakin banyak yang mulai berkunjung kesini.ย 

Konon tempat ini awalnya dibuka pada awal tahun 2018 oleh Perhutani Kuningan. Danau cantik dan asri ini dikelola oleh Perhutani Kuningan, Lembaga Desa Masyarakat Hutan dan Pemerintah Desa setempat.

Fasilitas

Buat yang suka mencari spot untuk foto bagus kayanya bakalan tertarik buat datang ke sana. Dengan panorama alam yang masih asri, pepohonan yang masih banyak dan rindang, udara yang juga sejuk dan pemandangan persawahan yang ada disekitarnya mampu memanjakan mata.

Tapi sayangnya waktu saya datang ke sana fasilitasnya sudah banyak yang kurang terawat bahkan hampir rusak. Padahal katanya dulu disini tu ada beberapa wahana seperti perahu bebek, jembatan, flying fox, dan lain sebagainya.ย 

Untuk fasilitas lainnya seperti toilet dan gazebo pun saya kurang tahu ada dimana waktu itu. Karena fasilitas umum dan spot untuk fotonya seperti kurang terawat dan ini sangat disayangkan sekali.

Spot foto yang masih bisa digunakan dan cukup aman waktu itu hanya spot foto perahu dan bintang saja. Sedangkan sisanya sudah banyak yang rusak dan lebih baik jangan coba-coba menaiki wahana yang sudah rusak.

Saya sama suami waktu itu sempet agak nekat, tadinya kami kira jembatan penghubungnya masih bisa digunakan. Taunya sudah rusak, alhasil kami jadi kotor-kotoran dan masuk ke lumpur kurang lebih hampir selutut haha. Akibat malas mutar balik jadinya maksain lewat bawah jembatan yang ternyata tanahnya basah haha. Jangan diikutin ya temen-temen hehe, lebih baik cari aman aja.

Oh iya, katanya disini juga bisa dipakai untuk camping. Tapi ga tau deh sekarang masih bisa dipakai buat camping atau udah ga bisa. Mungkin kalau temen-temen kesana bisa coba tanya-tanya juga ke pengurusnya.

Lokasi dan Transportasi
  • Alamat: Hutan Perhutani Kuningan, tepatnya di Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang
  • Jam Operasional: Setiap hari, Pukul 08.00 – 17.00
  • Tiket Masuk: Rp 5.000/orang

Situ Wulukut ini tempatnya cukup jauh dari jalan raya dan ga ada kendaraan umum yang ngelewat kesana. Jadi disarankan kalau temen-temen mau kesana bisa pakai kendaraan pribadi atau sewa kendaraan aja.

Jarak dari jalan raya ke Situ Wulukut ini kurang lebih sekitar 2 km. dengan jalannya yang cukup terjal dan berkelok-kelok. Kendaraan roda 4 masih bisa lewat walaupun ada beberapa jalan yang agak kecil jadi harus berhati-hati ketika lewat.

Untuk yang pakai kendaraan roda 4 harus lihat melewati jalan menuj kesini, karena ada beberapa jalan yang menanjak dan turunan yang cukup terjal. Apalagi jalan setelah melewati pintu masuk.

Oh iya, jalannya itu kalau untuk kendaraan roda 4 kayaya cuma bisa untuk satu kendaraan aja deh. Kalau ada dua kendaraan roda 4 dari arah yang berlawanan harus mepet banget biar bisa lewat.

Perjalanan kesini tu kaya ngelewatin beberapa perkebunan warga juga hutan-hutan gitu. Warga disana cukup ramah waktu berpapasan dijalan. Terus saya jadi keinget waktu kesana pas suami tu nanyaian jarak situ wulukut itu masih jauh atau engga dan kondisi jalannya kaya gimana.

Karena tadinya suami, saya adik ipar dan beberapa sepupu tu mau jalan kaki gitu kesana pas warga bilang kalau jaraknya ga begitu jauh dan turunan yang terjal itu cuma dari pintu masuk aja. Kesananya udah datar, taunya zonk haha. Jadi berujung naik mobil lagi bareng keluarga dan sepupu dari suami haha.

Kesimpulannya untuk pemandangan di situ wulukut ini sebenernya bagus, tapi yang disayangkan fasilitasnya saja yang pada waktu itu kurang terawat. Mudah-mudahan sih kedepannya fasilitasnya sudah diperbaiki dan bisa digunakan dengan aman oleh para pengunjungnya.

Sekian deh cerita jalan-jalan saya ke Situ Wulukut yang ada di Kuningan Jawa Barat. Ada yang pernah dateng kesini kah? Kalau belum boleh dicoba tuh buat dateng kesini. Pemandangannya menarik banget pokoknya, apalagi kalau cuaca lagi cerah-cerahnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *