CULINARY

Sate Gendong Mbok Ayu, Sate Legendaris Di Bandung!

Pasti udah ga aneh lah ya sama olahan makanan sate. Ada banyak olahan daging yang sering dijadikan menjadi sate, beberapa diantaranya adalah daging ayam dan daging kambing. Kalau di daerah Bandung, sate mana nih yang jadi favorit kalian?

Nah, waktu itu untuk pertama kalinya saya nyobain sate yang berbeda dari biasanya yaitu, sate jando sapi. Hmm apa sih sate jando sapi? Jadi setelah saya cari info menurut beberapa sumber, jando sapi itu  bagian lemak dari susu sapi atau ada juga yang bilang lemak payudara sapi haha.

Udah lama tinggal di Bandung, tapi baru tau ada kuliner sate yang beda dari biasanya dan udah sangat terkenal bahkan ampe orang luar Bandung juga tau. Telat banget ya taunya haha, dateng kesini pun karena diajak sama suami yang pengen makan sate jando ini karena udah lama banget katanya ga makan sate itu dan lagi pengen.

Sate Gendong Mbok Ayu Ngatemi

Sate gendong Mbok Ayu Ngatemi atau dikenal juga dengan sate gendong Mbok Ayu atau adalah salah satu sate yang udah terkenal banget. Konon sate ini udah dijual dari jaman baheula, alias udah dari jaman dulu, tepatnya taun berapa saya kurang tau sih.

Konon dulu Mbok Ayu pemilik sate ini berjualan dengan berkeliling dan menggendong bawaan jualannya tersebut, makanya dikenal dengan ‘sate gendong Mbok Ayu’. Tapi yang jelas sate Mbok Ayu ini udah ga digendong lagi ko, tapi jualan dipinggir  jalan tepatnya di trotoar. 

Meskipun tempatnya sederhana, tapi sate ini udah terkenal banget. Saking terkenalnya, kalau lewat jalan sana itu suka banyak yang ngatri buat beli sate yang legendaris ini. Kalau weekend dateng kesini harus siap-siap ngantri dan lebih baik dateng lebih awal supaya ga kehabisan.

Sebagian orang ada yang nyebutnya sate Mbok Ayu, ada juga yang nyebutnya sate jando. Mana nih yang bener? Dua-duanya juga bener ko, soalnya salah satu sate yang dijualnya itu ada sate jando, makanya dikenal juga dengan sate jando.

Menu dan Harga

Pilihan menu yang ditawarkan disini hanya ada sate daging ayam, sate daging sapi dan sate jando. Kalau mau pakai lontong juga bisa banget. Waktu pertama kali nyobain, itu saya dan suami pesen sate jandonya aja, karena emang penasaran sama sate jando ini.

Waktu itu seporsi sate udah sama lontongnya itu berkisar Rp 25.000,-. Harganya masih lumayan bersahabatlah, apalagi dapet rasa makanannya yang enak dan ga bikin nyesel beli.

Penyajian satenya itu di taruh di pincuk daun pisang gitu. Rasa sate jandonya itu enak banget, ga yang alot dan ga bikin eneg kaya rasa lemak daging pada umumnya. Bumbu kacangnya juga enak, ga yang terlalu halus jadi masih ada bulir-bulir kecil dari kacangnya gitu. Perpaduan manis dan gurih dari bumbu kacangnya suka banget deh ga yang terlalu manis, pokoknya pas. Kalau suka pedes bisa pesen buat pake sambel.

Alamat dan Jam Buka

Buat temen-temen yang mau pergi kulineran ke sate jando Mbok Ayu ini bisa langsung dateng ke alamat dibawah ini ya. 

  • Alamat: Jl. Cimandiri (Belakang Gedung Sate), Bandung
  • Buka: Setiap hari, Pukul 08.00 – 16.00

Kalau masih bingung, bisa langsung cari di google map aja, langsung cari ‘Sate Jando Mbok Ayu’ pasti langsung muncul deh. Letaknya ga terlalu jauh dari gedung sate ko. Jadi pasti gampang nyarinya, staf yang jualannya pada pakai kaos yang ada tulisan ‘Sate Gendong Mbok Ayu’. Nah, kalau udah nemu orang-orang yang pakai baju itu, udah pasti tempat jualannya disitu.

Saya rekomendasiin banget deh sate jando ini buat yang belum pernah nyobain, insyaallah ketagihan haha. Soalnya saya juga pengen kesana lagi buat beli, kapan-kapan aja tapi hehe. Nah, sekian cerita kulineran saya kali ini, kalau ada rekomendasi tempat kuliner yang enak dan pastinya halal boleh tulis di kolom komentar ya.

Berharap covid ini segera berlalu biar bisa keliling kulineran lagi dengan tenang dan nyaman. Ga cuman kuliner di Bandung aja, tapi mudah-mudahan bisa kulineran ke kota-kota lain juga. Oh iya, kalau ada salah-salah info, boleh tolong dikoreksi ya temen-temen, terima kasih ^_^.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.