SNACKS & DESSERTS

Caramel Pumpkin Pudding Recipe

Pumpkin atau kalau di Indonesia ini dikenal dengan sebutan labu kuning. Buah yang satu ini, mulai dari daun sampai ke biji-bijinya bisa diolah jadi makanan yang enak banget.

Menyunting dari Wikipedia, labu kuning ini masuk ke tumbuhan jenis labu-labuan yang merambat. Dan pada awalnya labu kuning ini tumbuh di benua Amerika, tapi sekarang udah banyak tumbuh di daerah yang iklimnya hangat kaya di Indonesia.

Biasanya kalau pas bulan Oktober, di negara barat tu suka jadiin labu kuning ini sebagai hiasan acara Halloween atau kaya pie labu kuning yang jadi salah satu makanan yang selalu ada di acara Thanksgiving.

Di Indonesia juga ga kalah sama negara barat, banyak banget makanan yang bisa dibikin dari bahan dasar labu kuning ini. Daunnya kalau di Indonesia sering dijadiin sayuran. Bijinya bisa dijadiin kuaci atau bisa juga jadi taburan di smoothies. 

Apalagi kalau buahnya banyak banget pengolahannya. Mulai dibikin kolak, makanan tradisional, bahkan di kukus doang juga udah bisa dimakan dan cocok banget dimakan buat yang lagi diet.

Waktu itu juga saya pernah share resep labu kuning yang dibikin jadi pumpkin soup bisa langsung di liat aja resepnya disini. Yes, salah satu olahan labu kuning yang saya suka dan suami juga suka bikinnya juga gampang hehe.

Caramel Pumpkin Pudding Recipe

Nah, kali ini saya mau coba share resep pumpkin pudding alias puding labu kuning. Caranya cukup simpel dan bahan-bahannya juga ga ribet ko. Walaupun sebenernya cara bikin puding labu ini banyak banget macemnya, tapi ini salah satu resep puding versi saya. 

Bahan-bahan 

Kaya tadi saya bilang diatas, bahan-bahannya cukup mudah dan ga butuh terlalu banyak bahan ko. Hanya ada enam bahan yang perlu kamu siapin, ini dia bahan yang perlu disiapkan.

Bahan puding:
  • Labu kuning
  • Susu cair/ coconut milk / air
  • Agar-agar plain
  • Gula
  • Garam
Bahan caramel:
  • Gula
  • Air
Cara membuat:
  1. Kali ini saya bikin puding labunya ditambah karamel, jadi pertama yang diolah itu bahan karamelnya yaitu:
  2. Siapkan panci dan masukan gula, masak di api kecil aja. Aduk terus sampai gula mencair.
  3. Setelah gulanya mencair, masukan air dan aduk lagi sampai airnya mendidih dan adonannya sedikit mengental. Hati-hati jangan sampai gosong atau terlalu kentel ya.
  4. Lalu siapkan wadah dan tuangkan adonan karamel, sisihkan. Boleh juga kalau mau dimasukin ke dalem kulkas.

Setelah adoan karamel selesai dibikin, lanjut bikin puding labu kuningnya ya. Berikut ini cara membuatnya:

  1. Kupas labu kuning buang kulit dan bijinya. Lalu kukus atau rebus sampai empuk. Kalau saya sih lebih suka dikukus, biar rasa manisnya ga terlalu berkurang dan menurut saya lebih simpel aja hehe.
  2. Kalau udah empuk,  haluskan labu kuning dan cara yang paling gampang itu di blender aja. Waktu ngeblender ini bisa sambil dicampur sama susu atau coconut milk atau sedikit air buat mempermudah proses blender.
  3. Siapin panci, masukin labu kuning yang udah diblender tadi masak di api kecil aja.
  4. Masukin kira-kira setengah sachet agar-agar plain.
  5. Masukin gula secukupnya atau sesuai selera aja dan tambahin garam dikit aja.
  6. Masak sampai mendidih dan tuangkan ke wadah yang udah diisi sama karamel tadi.
  7. Diamkan sampai adonan mengeras, biar lebih nikmat pas dimakan bisa dimasukin ke dalem kulkas ya.

Itu dia resep puding labu + karamel versi saya. Kaya resep-resep sebelumnya, biasanya untuk takaran pake feeling aja hehe. Untuk bahan pudingnya terutama susu cair, coconut milk atau air itu terserah ya bisa pilih yang mana aja. Kalau saya waktu itu kebetulan ada susu cair, jadi pake susu cair. 

Oh iya, dulu juga saya pernah bikin puding labu kuning ini dengan cara yang berbeda. Kalau dulu tu kulit labunya ga saya buang dan langsung di blender aja waktu labu kuningnya abis dikukus.

Terus dulu tu pakai corn starch bukan pakai agar-agar. Jadinya kalau yang pakai corn starch itu dari segi teksturnya lebih lembut. Sedangkan yang pakai agar-agar ini lebih padet gitu. Nih saya kasih liat perbandingannya ya, kebetulan masih nyimpen videonya hehe.

Nah, sekian deh resep dari saya tentang puding labu kuning ini. Temen-temen bisa kreasikan resep ini sesukanya, mau tanpa karamel atau mau ditambah sama whipping cream pun boleh terserah deh, sesuai selera temen-temen aja.

Oh iya, kalau ada yang pernah bikin puding labu juga boleh lho share resepnya disini. Selamat berkreasi ^_^

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.