TRAVELLING

Main Air di Sungai Cipaniis Kuningan

Temen-temen ada yang pernah main disungai ga? Kalau saya pas kecil suka main ke sungai haha. Karena emang lahir di pedesaan yang masih banyak sawah, ada sungai, kolam ikan warga sekitar, perkebunan dan deket ke gunung juga. Jadi bisa dibilang saya ini suka ngebolang waktu kecil haha.

Kotor sama tanah, manjat-manjat ke pohon, nyari belalang atau jangkrik di sawah, nyari cacing buat mancing ikan, atau nyari rumput buat ngasih makan kelinci. Ada yang pernah ngalamin kaya gini kah waktu kecilnya?

Nah, kali ini saya mau cerita waktu main ke salah satu tempat wisata alam, tepatnya ke sungai namanya sungai Cipaniis atau dikenal sama orang sekitar sana dengan sebutan Paniis. 

Waktu itu saya main kesini di hari yang sama pas main ke Telaga Biru Cicerem. Buat yang mau baca cerita saya waktu main ke Telaga Cicerem bisa baca disini ya. 

Sebenernya sebelum mau ke Telaga Biru Cicerem ini mau kesini dulu, tapi taunya tempatnya ditutup karena ada kunjungan dari Gubernur Kuningan kalau ga salah. Jadinya di skip dulu terus langsung ke Telaga Biru dulu deh. Dan pas pulangnya udah dibuka tu wisata Cipaniisnya, jadi langsung cus masuk ke sini.

Sungai Cipaniis

Waktu diajakin sama suami kesini tu berasa nostalgia masa-masa kecil gitu. Apalagi air di sungai Cipaniis ini tu jernih banget, dingin dan masih banyak bebatuan gitu buat jadi pijakan. 

Air sungainya beberapa ada yang agak dalem, sekitar sepinggang orang dewasalah. Serunya disini bisa renang juga lho, apalagi kalau temen-temen yang punya anak atau ponakan pasti seneng dibawa kesini. Meskipun aliran air sungainya ga yang deres banget, api tetep harus sambil diperhatikan ya.

Saya yang tadinya cuma pengen nikmatin pemandangan disini dan nyemplungin kaki semata kaki doang, akhirnya ikutan nyemplung juga gara-gara liat bocah-bocah yang pada renang. Padahal waktu itu ga bawa baju ganti ahaha, ya sudahlah pulang dari sana basah-basahan aja pikir saya waktu itu. 

Ga tau ya, kalau buat saya liat air jernih gitu terus banyak yang main air ya bawaannya udah pasti pengen ikutan maen air juga. Ya, mungkin karena dulu suka main air juga di sungai yang ada ga terlalu jauh dari rumah haha.

Fasilitas

Untuk fasilitas yang ada disini sebenernya cukup lengkap ko. Temen-temen ga usah takut kelaparan, ga usah bingung kalau tiba-tiba kebelet dan ga usah bingung juga mikirin parkir karena semua fasilitas ini ada. Untuk yang mau shalat juga disini ada mushola, jadi tenang aja ya.

Untuk menu pilihan makanannya seru sih kalau kata saya, selain makanan instan yang kayanya emang selalu ada di setiap tempat wisata, kalian pasti tau lah ya hehe. Disini ada jagung bakar, bandros sama suarbi. Buat yang suka makanan itu, harus pesen dijamin ga akan nyesel deh.

Kamu bisa makan sambil duduk di pinggir sungainya atau makan di kursi-kursi yang tersedia di warung yang jualannya langsung juga. Tapi inget, jangan buang sampah sembarangan ya. Buang sampah ke tempat yang udah disedian disana ya. 

Lokasi dan Transportasi
  • Alamat: Singkup, Pasawahan, Kuningan Regency, West Java 45559
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk: Rp 17.500

Waktu itu saya datang di weekday dengan tiket masuknya Rp 17.500/orang belum termasuk tiket parkir ya. Kalau tiket parkir untuk motor kala itu tu Rp 5.000. Tapi untuk tiket masuk sekarang saya kurang tau berapa. Btw, itu foto tiketnya baru banget saya foto pas sambil nyari tiket waktu taun lalu main kesana haha.

Dengan tiket masuk segitu menurut suami saya sih cukup mahal, berhubung dulu dia kesana tu bisa gratis. Dan pas waktu itu kami ga nyangka juga sih bakalan ampe segitu tiket masuknya.

Untuk yang mau kesini kalau dari arah Kuningan atau dari arah Cirebon bisa ambil Bundaran Caracas – Jl. Mandirancan – Jl. Kasab – Tugu Macan Mandirancan – Jl. Cirea-Pasawahan – obyek wisata Paniis. 

Kalau mau kesini saya saranin mendingan pakai kendaraan pribadi atau sewa taxi online gitu. Soalnya untuk kendaraan umum kaya angkot tu cuma sampai ke jalan Mandirancan. Jadi buat nyampe ke tempat wisata ini harus disambung pake ojek atau ya sewa taxi online.

Karena waktu datang kesini tu udah masuk musim PSBB, diwajibkan untuk pakai masker pas masuk ke tempat wisatanya.  Waktu sebelum masuk ke tempat wisatanya juga ada pengecekan suhu dulu. 

Oh iya, selain air sungainya kata suami sih sebenernya disana ada kolam renangnya juga. Tapi berhubung udah mau sore, jadinya saya sama suami cuma main-main di aliran sungainya aja sambil makan jagung bakar hehe.

Pulang-pulang kedinginan gara-gara ga bawa baju ganti. Mulai dari pinggang ke bawah, baju basah terus kena angin pas di motor ditambah suhu disana juga dingin, mantep banget deh rasanya haha. Tapi Alhamdulillah masih ada matahari pas pulang, jadi nyampe rumah baju udah kering lagi haha.

Sekian cerita saya waktu main ke sungai di daerah Paniis Kuningan. Ah, jadi pengen main air di sungai yang jernih lagi deh rasanya. Btw, ada yang udah pernah main kesini juga kah? Kalau ada tempat wisata alam lainnya yang ga kalah seru, bisa tulis sarannya di bawah ya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.