SNACKS & DESSERTS

餃子(ぎょうざ)- Gyoza

餃子 (ぎょうざ) – Gyoza, adalah salah satu makanan yang berasal dari Jepang. Biasanya gyoza ini dikenal juga dengan street food

 

Kalau tidak salah, gyoza ini salah satu makanan yang aslinya berasal dari China. Nah kalau di China, gyoza ini dikenal dengan sebutan jiaozi. Kalau di negara barat dikenal dengan dumpling dan mungkin kalau di Indonesia lebih mirip semacam pangsit atau siomay kali ya.

 

Untuk gyoza dari Jepang ini, setau saya ada tiga cara memasaknya. Ada gyoza yang direbus, dikukus dan di goreng. 

 

Waktu itu saya pertama kali makan gyoza pas kuliah ketika temen ngajakain ke salah satu acara masak-masak gitu, nah disitu saya belajar cara masaknya dan ternyata rasanya enak banget. Dan yang dibikin waktu itu gyoza goreng.

 

Tapi sebetulnya dibilang digoreng pun gak yang pake minyak ampe banyak banget kaya kalau mau masak kerupuk atau makanan yang deep fry gitu ya. Jadi kaya cuman dikit gitu deh minyaknya. 

 

Nanti deh diakhir pembahasan ini saya cantumin salah satu link video yang jadi inspirasi saya buat bikin gyoza ya biar ga pusing hehe.

 

Oh iya, sebenernya untuk kulit gyoza ini beda sama kulit pangsit yang biasa dibikin buat siomay itu ya. Biasanya tipikal kulit untuk gyoza ini lebih tipis dari kulit pangsit dan berbentuk lingkaran. Terus hasil dari gyoza yang udah mateng itu jadi agak transparan gitu kulitnya.

 

Karena udah dari lama nih pengen bikin lagi gyoza terus kemaren-kemaren akhirnya nyempetin buat bikin juga akhirnya. Bahkan, saking lagi niatnya ampe bikin kulitnya sendiri, walaupun ya lumayan pegel juga soalnya pake alat seadanya banget haha.

 

Kalau malas bikin kulitnya alias pengen yang praktis aja bisa beli ko di pasar-pasar atau di supermarket gitu. Kemaren-kemaren karena lagi niat aja jadi bikin sendiri deh.

 

Oke deh, ini dia resep bikin gyoza ala-ala saya.

Bahan-bahan kulit:
  • Terigu
  • Air
  • Garam
Bahan-bahan isian:
  • Daging ayam giling
  • Bawang putih
  • Bawang daun/kucai
  • Kol/sawi putih
  • Lada hitam/lada putih
  • Garam
Bahan-bahan lainnya:
  • Minyak untuk menggoreng
  • Minyak wijen
  • Air 
  • Teflon
Cara membuat:
  1. Untuk membuat kulitnya, campurkan terigu dengan air secukupnya dan uleni hingga adonan kalis. Kemudian bentuk menjadi lembaran pipih lingkaran dan taburi terigu agar tidak menempel satu sama lain. Sisihkan. 
  2. Haluskan daging ayam bersama bawang putih, garam dan lada hitam.
  3. Cincang halus kol atau sawi putih, berikan sedikit taburan garam agar kandungan airnya keluar dan kol atau sawi putih jadi agak layu. Kemudian peras hingga kandungan airnya hilang.
  4. Campurkan daging ayam giling tadi dengan sayuran, tambahkan cincangan bawang daun dan aduk merata
  5. Kemudian ambil satu lembar kulit gyoza, masukan isiannya tutup dan bentuk gyoza nya sesuai dengan yang diinginkan.
  6. Panaskan teflon dan beri sedikit minyak, lalu masukan gyoza yang telah dibentuk tapi. Masak hingga bagian bawahnya agak kecoklatan.
  7. Kemudian berikan sedikit air dan tutup teflon agar matangnya merata. Setelah airnya surut, beri sedikit minyak wijen agar semakin wangi.
  8. Sajikan selagi hangat dengan chili oil atau sambal favorit kamu.
Note:
  • Untuk kulitnya agar hasilnya lebih halus sebelum dipipihkan, diamkan dulu setidaknya 30 menit agar hasilnya lebih halus dan tidak kering
  • Untuk isian bisa diganti dengan daging sapi atau udang. Atau bahkan bisa diganti dengan isian manis kalau mau
  • Sayuran bisa juga ditambahkan dengan jamur
  • Menambahkan irisan bawang kucai atau bawang daun yang banyak bisa membuat rasanya semakin enak
  • Takarannya saya pakai kira-kira aja hehe

Nah, kalau bingung gimana cara bikinnya, dibawah ini adalah salah satu inspirasi saya membuat gyoza.

Inspirasi membuat gyoza
Cara untuk membuat kulit gyoza
Beberapa cara untuk membentuk gyoza

Nah itulah resep membuat gyoza ala-ala saya dan beberapa video yang menginspirasi saya untuk membuatnya. Selamat mencoba dan selamat berkreasi ^_^

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.