TRAVELLING & CULINARY

Jalan-jalan ke Situs Purbakala Cipari, Kuningan

Ketika kangen jalan-jalan dan karena belum bisa jalan-jalan lagi, alhasil akhirnya saya buka-buka lagi galeri foto-foto waktu dulu. Kemudian saya menemukan beberapa foto ketika saya jalan-jalan di Kuningan pada akhir tahun 2018 yang lalu. Ya ampun, udah hampir tiga taun lagi aja itu foto ada di galeri.

Jadi, waktu itu kebetulan saya lagi main ke rumah mertua sama suami. Karena waktu itu saya masih kerja, jadi dulu susah banget bisa main berkunjung ke rumah ortu sama ke rumah mertua.

Nah, pas kebeneran bisa main dan kalau ga salah saya ke sini tu udah mau mepet-mepet waktu pulang lagi ke Bandung. Jadi, pas diajakin main saya pilih ke tempat yang jaraknya deket-deket aja. Dan akhirnya kami jalan-jalan ke Situs Purbakala Cipari, Kuningan.

Sekilas Sejarah Situs Purbakala Cipari

Sebelum tempat ini jadi sebuah salah satu situs purbakala, konon dulu di tempat ini adalah tanah milik salah satu warga. Tapi ketika ditemukan sebuah batu pada tahun 1971 yang diyakini sebagai salah satu batu peninggalan zaman dulu, akhirnya dilakukan sebuah penelitian lebih lanjut pada tahun 1972.

Setelah ditemukan beberapa benda peninggalan zaman dahulu, lalu pada tahun 1976 akhirnya tempat ini dibangun dijadikan sebuah museum dan menjadi salah satu situs purbakala yang ada di Kuningan, Jawa Barat.

Museum ini diresmikan pada tahun 1978. Dari benda-benda yang ditemukan disini, dipercaya kalau peninggalan yang ada di Situs Cipari ini merupakan peninggalan zaman neolitik dan megalitikum.

Spot yang ada di Situs Purbakala Cipari

Di Situs Purbakala Cipari ini terbagi dua tempat, yaitu bagian museum yang menyimpan beberapa benda-benda purbakala seperti kapak, gelang, gerabah kuno dan masih banyak lagi. Termasuk info sejarah mengenai Situs Purbakala Cipari ini juga ada di museumnya.

Sedangkan untuk bagian monumen bebatuan yang ada di bagian luar gedung museum ini ada beberapa kuburan batu, altar batu dan lain sebagainya. Dan konon di sini dulunya kemungkinan dijadikan tempat ritual pemujaan kepada nenek moyang.

Fasilitas di Situs Purbakala Cipari

Pertama kali datang kesini pada akhir tahun 2018 lalu, tempat ini sedang ada beberapa perbaikan khususnya di museumnya. Karena memang tempat ini terbagi dua yaitu museum dan monumen bebatuan yang ada di bagian luarnya.

Seperti dalam sejarahnya tempatnya itu memang dekat dengan pemukiman warga. Tapi sayang banget, waktu datang kesini tu sepi pengunjung banget. Kalau tidak salah waktu saya datang kesana hanya ada dua orang pengunjung saja yang datang kesana.

Waktu datang kesini tu lagi ada beberapa perbaikan di museumnya. Dan saya dulu ga sempet foto-foto banyak juga sih disini, padahal lumayan banyak benda-benda peninggalan jaman dulu kala lho disini. 

Untuk fasilitasnya sendiri kala itu ga terlalu banyak sih. Sepanjang yang saya lihat selain tempat informasi yang dekat dengan pintu masuk, ada juga tempat parkir yang lumayan luas buat yang bawa kendaraan pribadi. Toilet mungkin ada, tapi saya ga liat ada disebelah mana.

Lokasi dan Akses Transportasi
  • Alamat                            : Jl. Museum Taman Purbakala, Cipari, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan
  • Jam Operasional      : Setiap hari, 07.00 – 16.00
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 2000

Nah kalau kamu mau datang kesini, tempatnya tu ga terlalu jauh dari pusat kota. Jalanan menuju ke tempat ini juga udah beraspal jadi aman untuk bawa kendaraan kesini. Kalau dari pusat kota kurang lebih sekitar 30 menit buat nyampe kesini.

Harga tiketnya murah banget tanpa ada bayar parkir lagi. Lumayan lho banyak informasi sejarah yang bisa didapetin kalau kamu datang kesini. Suasana di sekitarnya juga adem, cocok banget dijadiin tempat wisata edukasi terutama buat anak-anak.

Waktu liat benda-benda peninggalan zaman dulu disini jadi keinget pelajaran sejarah jaman-jaman sekolah hihi. Sesekali datang ke museum buat mengenal sejarah zaman dulu yuk, jangan cuman jalan-jalan ketempat yang lagi hits aja hihi.

Sekian cerita nostalgia sambil liat-liat galeri foto yang ada ada di hp. Kalau ada rekomendasi tempat wisata lainnya boleh banget info-info disini ya. Oh iya, kalau ada salah info dari tulisan saya boleh dikoreksi juga, terima kasih.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *