TRAVELLING

Jalan-jalan ke Waduk Darma Kuningan

Semenjak suka pakai motor dari Bandung ke Kuningan, saya selalu merasa kagum sama pemandangan yang ada di sepanjang jalan. Tiap liat tempat wisata yang kelewat di jalur sana suka pengen buat mampir gitu. Salah satunya Waduk Darma yang ada di ujung Kuningan dan dekat ke daerah Cikijing – Majalengka.

Suami suka pengen ngajakin kesana karena sekalian lewat gitu. Tapi kalau udah masuk ke sekitaran Kuningan tu yang ada pengen cepet-cepet nyampe ke rumah mamah mertua hehe. Belum lagi kalau udah ngerasa kepanasan, suka pengen cepet-cepet rebahan.

Belum lagi karena masih masa-masa pandemi, Waduk Darma ini sempet ditutup. Tapi pada tahun 2020 lalu setelah PPKM mulai dilonggarkan, akhirnya saya bisa pergi ke Waduk Darma. Dan kebetulan waktu itu ada sepupu dan keponakan dari suami juga jadi sekalian deh main bareng-bareng kesana.

Fasilitas dan Spot Foto

Waduk Darma ini salah satu tempat wisata yang cocok buat segala usia. Mulai dari anak-anak sampai orang tua bisa banget dateng kesini. Buat keluarga yang ngajak anak-anaknya kesini pasti seneng, soalnya bisa nikmatin beberapa wahana khusus untuk anak-anak. 

Selain ada wahana khusus anak-anak, ada fasilitas lainnya seperti panggung hiburan, gedung aula, cottage, perahu wisata dan spot foto. Untuk beberapa fasilitas ada yang berbayar ya, seperti spot foto dan juga peruahu. 

Kalau tidak salah waktu itu untuk spot foto itu bayar Rp 10.000/orang. Sedangkan untuk perahu itu Rp 20.000/orang dan temen-temen bisa berkeliling di Waduk Darma langsung. Kalau untuk wahana khusus anak-anak saya kurang tau berapa karena ga sempet nanyain waktu itu hehe.

Untuk fasilitas umum seperti toilet, mushola dan parkir juga ada. Jadi ga usah khawatir ya buat yang mau menggunakan toilet, mau shalat dan juga yang bawa kendaraan tenang aja pokoknya. Buat yang ga bawa makan juga ga perlu khawatir soalnya di Waduk Darma banyak yang jualan makanan. Tinggal pilih aja mau beli makanan apa.

Lokasi
  • Alamat: Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp 15.000,-  

Buat yang mau berwisata kesini sebenernya dari segi jalur cukup mudah ditemukan ko. Soalnya letaknya itu tepat di pinggir jalan raya jalur Kuningan – Cikijing. Kalau dari arah Kuningan itu ada di sebelah kiri jalan, nah kalau dari arah Cikijing itu ada di sebelah kanan.

Untuk kendaraan umum kayanya ada sih kaya angkutan yang lintas kota gitu. Kalau untuk angkot dari Kuningan tu kayanya ada tapi saya kurang tau juga jurusan angkotnya apa hehe. Tapi kalau buat yang bawa kendaraan pribadi juga ga usah khawatir soalnya gampang banget buat kesini.

Pas dateng kesini sebenernya saya kurang banyak ngambil foto-foto gitu. Soalnya bener-bener pengen nikmatin pemandangan disana. Kebeneran juga waktu dateng kesini tu bawa makanan dari rumah mamah, jadinya dateng kesana pada makan bekel, picnic time

Waktu ditawarin buat keliling pakai perahu juga lagi ga pengen gitu. Pokoknya pengen ngaso gitu aja pas dateng kesana. Kebeneran pas anginnya tu sejuk gitu, jadi enak buat santai. Dari segi udara kalau pas deket sekitaran waduknya itu mayan adem, tapi kalau agak jauh dari sana kerasa panas gitu. Buat yang mau kesini saya saranin mendingan dateng pagi atau mau ke sore gitu. Biar ga terlalu panas pas nyampe sananya.

Temen-temen ada yang pernah wisata ke Waduk Darma kah? Boleh share juga dong pengalamannya waktu kesana ya, siapa tau ada info dari saya yang kelewat atau salah info. Boleh sekalian di koreksi juga ya hehe. 

Sekian deh cerita singkat saya waktu main ke Waduk Darma Kuningan. Lain kali kalau saya dateng kesini lagi pengen explore lebih banyak dan pengen nyobain naik perahunya juga, kaya yang seru juga soalnya hehe. Oh iya, kalau main ke Waduk Darma Kuningan bisa sekalian mampir ke Situ Wulukut juga, jaraknya ga begitu jauh dari sana. Siapa tau penasaran sama Ranu Kumbolo nya Kuningan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *