TRAVELLING

Jalan-jalan ke Telaga Biru Cicerem Kuningan

Akhir tahun 2019 yang lalu saya dan suami yang kebetulan tidak bisa kumpul bersama keluarga di Kuningan, tiba-tiba dapat kiriman foto dari keluarga yang kumpul disana. Pas kami liat fotonya ‘Wah, bagus banget tempatnya. Nanti kalau ke Kuningan kita kesana yuk’ kode saya ke suami hehe.

Telaga Biru Cicerem adalah salah satu tempat wisata yang pada saat itu mulai ramai dikunjungi oleh orang-orang karena keindahan alamnya. Banyak banget anak muda apalagi yang emang cari spot foto yang instagramable.

Kalau ga salah waktu bulan april 2020 udah mulai ada PSBB karena pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia. Dan kebetulan saya dan suami bisa pergi ke Kuningan sekitar pertengahan tahun 2020 waktu itu. Kebetulan juga pekerjaan suami semenjak PSBB itu jadi online semua dan bisa dikerjakan dimana aja asal ada internet.

Akhirnya setelah lama di rumah terus dari sampai ke Kuningan sekitar udah dua minggu gitu. Kami akhirnya pergi jalan-jalan ke beberapa tempat di sekitar Telaga Biru Cicerem.

Waktu di perjalanan menuju Telaga Biru Cicerem itu banyak polisi gitu dan ternyata tempat wisata pada waktu itu baru boleh dibuka lagi. Tentunya tetep harus jaga prokes ya pas disana. Dan alhamdulillah ga terlalu banyak orang sih waktu pergi kesana, jadi agak tenang dikit.

Spot & Wahana

Telaga Biru Cicerem ini sebetulnya tempatnya bisa dibilang gak terlalu gede juga sih. Tapi katanya tempat ini bisa nampung sekitar tiga ribu pengunjung. Telaga Biru Cicerem ini dikenal juga sama sebutan Situ Cicerem.

Konon Telaga Biru Cicerem ini adalah telaga alami gitu yang tempatnya itu ada di bawah kaki Gunung Ciremai. Warna air yang ada di telaga ini nih yang bikin narik banyak pengunjung buat berwisata kesini. Warnanya itu biru jernih gitu, airnya dingin dan banyak ikannya juga disini. Di sekitar telaga juga masih banyak pohon-pohon yang rindang.

Disini tu ada beberapa spot dan wahana yang banyak diincar sama pengunjung. Beberapa diantaranya itu beberapa ayunan yang ada di atas telaga dengan background telaga biru yang merupakan spot foto favorit. 

Selain spot foto tadi, kamu juga bisa naik perahu karet untuk berkeliling di telaga. Disana juga disediakan spot untuk berenang. Tapi untuk bisa menikmati wahana tadi kamu harus membayar lagi ya. Kalau ga salah mulai dari Rp 10.000 kamu udah bisa menikmati wahana-wahana tadi.

Fasilitas

Selain spot foto tadi, tenang aja disini juga ada beberapa fasilitas umum yang tersedia dan bisa kamu gunakan ya. Fasilitas untuk parkir kendaraan mau itu motor ataupun mobil bisa ko, jadi ga usah khawatir ya.

Untuk yang mau shalat, disini ada mushola. Dan kalau ada yang kebelet, tenang ada toilet ko. Dan kalau kamu ga bawa bekel makanan, tenang aja kamu ga bakalan kelaparan waktu main kesini, soalnya banyak yang jualan makanan.

Selain itu ada juga beberapa gazeboo yang bisa dijaiin tempat untuk istirahat sejenak. Atau kalau mau istirahat sambil makan juga bisa ko.

Lokasi dan Akses Transportasi
  • Alamat: Kaduela, Pasawahan, Kuningan Regency, West Java 45559
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00
  • Tiket Masuk: Rp 5.000/orang

Dulu tu tiket masuknya masih murah, sekitar Rp 5.000 aja. Untuk tiket parkir motor itu Rp 2.000 dan untuk mobil itu Rp 5.000. Kalau untuk sekarang mungkin ada kenaikan harga tiketnya, saya kurang tau juga sih.

Buat kalian yang mau kesini saya saranin sih mendingan pakai kendaraan pribadi atau sewa kendaraan aja. Soalnya seinget saya ga ada kendaraan umum lewat sini. Tapi kalau ada temen-temen boleh koreksi ya nanti.

Nah buat yang mau kesini mau itu dari arah Kuningan atau dari arah Cirebon bisa ambil Bundaran Ciracas – Jl. Mandirancan – Jl. Kasab – Tugu Macan Mandirancan – Jl. Cirea-Pasawahan – obyek wisata Paniis – Jl. Pasawahan – kantor Polsek Pasawahan – Jl. Bina Lestari – Jl. Kaduela – Telaga Biru.

Kalau saya sih sebenernya waktu kesana ga nyobain wahana-wahana yang ada disana, soalnya males buat ngantrinya hehe. Jadinya ya udah nikmatin aja pemandangan telaganya, terus nyari tempat duduk di deket telaga sambil sambil ngemil dan main air hehe.

Nah, sekian cerita saya jalan-jalan di Telaga Biru Cicerem Kuningan yang masih dalam rangka rindu main hehe. Mudah-mudahan bisa main bebas lagi deh, tanpa harus maskeran mulu kalau mau kemana-mana.

Kalau ada salah-salah info, boleh dikoreksi ya temen-temen. Langsung komen aja di kolom komentar yang ada di bawah. Nanti saya bakalan cerita tempat jalan-jalan lain yang ada di Kuningan yang pernah saya kunjungi.

Kalau ada saran-saran tempat wisata lainnya yang ada di Kuningan, boleh di share juga ya. Siapa tau pas saya kesana bisa wisata juga kesana. Makasih ^_^

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *