MARRIED LIFE

Biaya Pernikahan Murah Di Bandung

“Butuh berapa ya budget untuk nikah nanti?”. “Katanya sekarang kalau mau nikah minimal punya budget 100 jt, itu aja udah yang biasa banget ya?”. Pusingkan kalau udah lihat angkanya haha. Mungkin beberapa orang pernah terlintas pemikiran semacam itu, apakah itu termasuk kalian juga? Sama saya pun pernah memiliki pertanyaan seperti itu.

Biaya yang digunakan dalam persiapan pernikahan pada umumnya adalah untuk, KUA, gedung, catering, MUA, dokumentasi, dekorasi dan entertainment. Dari semua yang umum itu tinggal dipilih mana saja yang memang paling prioritas, jika memang ada yang mau diganti pun bisa. Tapi yang pasti kalau untuk KUA harus yah. 

Pertanyaan selanjutnya adalah, kalau melaksanakan pernikahan di Bandung bisakah mendapatkan harga yang murah? Nah disini nih tantangannya, memilih gedung, catering, MUA dokumentasi dan lain-lainnya yang harus disesuaikan.

Biasanya, semakin banyak kamu mengundang orang di pernikahanmu maka semakin besar juga beban catering yang harus dikeluarkan. Karena jumlah tamu undangan akan mempengaruhi jumlah porsi catering, souvenir, juga gedung yang akan digunakan.

Kalau kamu mau mengundang tamu undangan, maka kalikan 2 untuk jumlah katering yang akan dipesan. Misal kamu mengundang 500 tamu undangan, maka jumlah katering yang harus dipesan adalah 1.000 porsi. Karena biasanya undangan pasti akan membawa teman untuk datang ke undangan tersebut. Untuk biaya pernikahan umumnya pun lebih besar di biaya katering.

Untuk vendor beragam sekali jenisnya. Ada beberapa vendor yang sudah menyediakan paket ada juga yang tidak. Misalnya, vendor A hanya menyewakan gedung saja, atau ada vendor B yang menyewakan gedung sudah dengan dekorasi, catering dengan dekorasi dan dokumentasi, atau MUA sudah dengan dekorasi, dan lain sebagainya. Tinggal dipilih saja yang paling cocok yang mana. 

Pengalaman kemarin pun alhamdulillah saya mendapatkan WO yang sudah menyediakan hampir seluruhnya. Dari mulai gedung, dekorasi, catering, entertainment, souvenir, buku tamu. Bisa cek disini ya untuk pembahasan Wo yang membantu pernikahans saya.

Dari sekian pencarian saya akhirnya menemukan jasa WO yang terbilang murah dibandingkan dengan WO yang lainnya. Karena biaya yang dikeluarkan untuk gedung, dekorasi, catering, entertainment, souvenir, buku tamu dibawah 50jt. Biaya ini jarang sekali saya temukan di jasa-jasa WO lainnya.

Lalu bagaimana jika yang tidak menggunakan jasa WO, apakah bisa menikah dengan budget yang minim? Jawabannya bisa banget. Karena sebetulnya untuk menikah itu gak mahal ko. Bahkan bisa “gratis” asalkan menikahnya di KUA dan pada jam kerja. Untuk info lebih lengkapnya kamu bisa coba tanyakan ke kantor KUA saja. 

Menikah itu gak “mahal”, yang membuat mahal itu “gengsi” yang terkadang menyulitkan diri sendiri. Kenapa “gengsi” bisa membuat mahal? Misalkan kamu sebetulnya punya budget yang minim, tapi kamu gengsi kalau menikah biasa-biasa saja, jadilah akhirnya kamu pinjam sana-sini demi melaksanakan pernikahan yang “fantastis”.

Nah, kali ini saya mau sharing pengelolaan budget pernikahan yang mendekati ke biaya realistis berdasarkan pengalaman menikah kemarin yang berlokasi di Bandung. 

Untuk budget pernikahan ini didapat dari pembagian kesepatakan saya dan suami saya. Mungkin setiap orang akan berbeda, bisa saja biaya didapatkan dari calon suami secara full atau bisa juga tidak, bergantung pada persetujuannya.

Dari total budget yang terkumpul kami mulai membuat pengalokasian dana, supaya lebih gampang mengaturnya. Kurang lebih 70% dari budget saya gunakan untuk pengurusan WO dan biaya ini sudah meliputi untuk catering, dekorasi, dokumentasi, tim WO, undangan, souvenir dan buku tamu. 

Sedangkan kurang lebih sekitar 15% saya gunakan untuk MUA. 5% untuk pengurusan KUA dan sekitar 10% sisanya digunakan untuk biaya tak terduga lainnya. Mari saya buatkan simulasi untuk budget persiapan pernikahan yang mendekati realistisnya ya. 

Simulasi Biaya Pernikahan :

Pengurusan berkas ke KUA:                         Rp       600.000,-

Gedung & menginap semalam di hotel: Rp   7.000.000,-

Dekorasi:                                                                  Rp   7.000.000,-

Catering 300 orang:                                          Rp 10.500.000,-

Snack untuk akad nikah:                                 Rp   1.000.000,-

MUA:                                                                          Rp   9.500.000,-

Tim WO + MC:                                                      Rp   4.500.000,-

Dokumentasi:                                                        Rp   3.000.000,-

Entertainment:                                                     Rp   1.500.000,-

Undangan dan souvenir:                                 Rp   2.000.000,-

Biaya tak terduga:                                               Rp   5.000.000,- 

———————————————————————- +

Total:                                                                          Rp 51.600.000,-

Nah, kurang lebih biaya yang kami keluarkan sebesar itu. Memang bukan nominal yang sedikit dan tidak begitu besar juga. Alhamdulillah sesuai dengan budget yang kami punya pada saat itu. Dan sebetulnya bisa lebih murah dibandingkan biaya tersebut.

Lalu, jika memang memiliki rezeki kurang dari 50 jt tetap bisa nikah kok. Jika menikah dan perayaannya diadakan di rumah biayanya bisa lebih murah karena tidak ada biaya sewa untuk gedung. Kalau mau melaksanakan tetap di gedung bisa juga, masih ada kok gedung yang biaya sewanya murah. Tinggal rajin-rajin mencari infonya saja.

Bisa mengganti entertainment dengan musik mp3. Bisa juga biaya untuk Wo dihilangkan dan menggantinya dengan bantuan keluarga saja. Untuk catering bisa juga meminta bantuan tetangga untuk membuatkan cateringnya. 

Atau bisa juga kamu melaksanakan pernikahan di KUA dan membuat syukuran sederhana di rumahmu, jadi biayanya tidak akan terlalu besar. Karena seperti sudah disebutkan di atas, yang membuat pernikahan itu mahal adalah gengsi. 

Semoga cerita ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang membaca. Kalau teman-teman punya pernikahan impian, lebih baik lagi mempersiapkannya dan menabung jauh-jauh hari ya supaya terwujud pernikahan impiannya. Untuk yang sedang mempersiapkan pernikahannya semoga diberikan kecukupan biayanya. Kalau ada yang mau menambahkan atau berkomentar, silahkan tulis di kolom yang tersedia.

Share:

1 thought on “Biaya Pernikahan Murah Di Bandung”

  1. Feybi HIS Kologdam
    Pasti lagi pusing cari-cari vendor atau gedung yaaah ???
    wahh gausah pusing lagiii, karena HIS Kologdam akan mempersiapkan pernikahan akang teteh dengan sangat matang. Akang teteh gak usah pusing lagi nyari vendor atau gedung.

    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer menawarkan gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom dengan konsep terbaru.
    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :

    – Full Carpet AC Central + 10 Standing AC
    – Ceiling tinggi di 10m Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    – 2 Ruang Rias Full AC
    – Lokasi Strategis dan Akses yg Flexible
    – Masjid yang Luas untuk Akad Nikah
    – Area Parkir Luas
    – Free Parkir untuk Tamu Undangan
    – Free All Charges ( Kebersihan, keamanan, pemakaian Masjid,dll)
    – Free Genset

    Untuk mempermudah Teteh dan Akang dalam mempersiapkan hari pernikahan, Kami pun memberikan fasilitas:
    – Wedding Organizer
    – Wedding Consultant
    – Wedding Package (Banyak Pilihan Vendor Ternama Bandung)

    Pada kesempatan ini Kami ingin mengundang Teteh dan Akang untuk mengunjungi kantor HIS Kologdam sehingga kita dapat bertemu & berdiskusi lebih lanjut mengenai perencanaan hari bahagia Teteh.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Kologdam Grand Ballroom
    Jl. Aceh No. 50 Bandung.
    Feybi : 082121184737 (WA)
    INSTAGRAM : @his_kologdam @feybi.hiskologdam

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-Feybi HIS Kologdam
    Pasti lagi pusing cari-cari vendor atau gedung yaaah ???
    wahh gausah pusing lagiii, karena HIS Kologdam akan mempersiapkan pernikahan akang teteh dengan sangat matang. Akang teteh gak usah pusing lagi nyari vendor atau gedung.

    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer menawarkan gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom dengan konsep terbaru.
    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :

    – Full Carpet AC Central + 10 Standing AC
    – Ceiling tinggi di 10m Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    – 2 Ruang Rias Full AC
    – Lokasi Strategis dan Akses yg Flexible
    – Masjid yang Luas untuk Akad Nikah
    – Area Parkir Luas
    – Free Parkir untuk Tamu Undangan
    – Free All Charges ( Kebersihan, keamanan, pemakaian Masjid,dll)
    – Free Genset

    Untuk mempermudah Teteh dan Akang dalam mempersiapkan hari pernikahan, Kami pun memberikan fasilitas:
    – Wedding Organizer
    – Wedding Consultant
    – Wedding Package (Banyak Pilihan Vendor Ternama Bandung)

    Pada kesempatan ini Kami ingin mengundang Teteh dan Akang untuk mengunjungi kantor HIS Kologdam sehingga kita dapat bertemu & berdiskusi lebih lanjut mengenai perencanaan hari bahagia Teteh.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Kologdam Grand Ballroom
    Jl. Aceh No. 50 Bandung.
    Feybi : 082121184737 (WA)
    INSTAGRAM : @his_kologdam @feybi.hiskologdam

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *