LIFE JOURNAL

Mengatur Pola Makan

Sebelum akhirnya memutuskan untuk diet ini, udah mulai nyusun pola makannya nanti pas diet harus kaya gimana. Nanti bakalan saya share makanan yang kurang lebih saya makan waktu ngatur diet pola makan ini.


Nah, selama kurang lebih dua minggu dari tanggal 25 Agustus – 5 September kemarin saya coba ngurangin asupan karbo, gula, tepung, makanan berminyak berlebih. Kalaupun ada makanan yang pakai minyak, saya ganti minyaknya pakai minyak zaitun dikit.


Kebanyakan makanannya dikukus, rebus, terus grill pakai minyak zaitun dikit. Untuk sarapan, ga makan karbo sama sekali tapi makan protein dan sayuran aja. Untuk makan siang baru ada karbo, sayur dan juga protein. Terus untuk makan malemnya cuma makan buah-buahan aja. Sisanya minum air putih yang banyak. Berikut beberapa makanan saat sarapan, makan siang dan juga makan malam.


Sarapan

Nah, foto diatas itu contoh beberapa makanan yang saya makan waktu sarapan. Biasanya sih proteinnya dari telur, mau direbus atau telur orak arik yang pakai minyak zaitun dikit banget. Kadang proteinnya tambah sama tempe juga.


Terus sayurnya kebetulan saya stok kimchi jadi pakai kimchi, biasanya sih langsung dimakan gitu aja, tapi kadang saya bikin jadi kimchi chigae juga sama sesekali tambah labu siam kecil yang dikukus.


Oh iya, kadang saya juga bikin overnight oatmeal untuk sarapan tapi kelupaan gak difoto. Terus pernah juga tuh, suami minta pengen bubur untuk sarapan, oke deh sesekali makan karbo dikit buat sarapan.


Kalau stok susu murni lagi ada sama minum susu juga sih. Dengan makanan segitu tu cukup banget, bahkan kadang kenyang banget hihi.


Makan siang

Untuk makan siang, sesekali saya ganti karbo dari nasinya dengan kentang. Biasanya saya bikin mashed potato atau cukup kentang kukus aja. Kalau pas pakai nasi pun porsinya dikit sih, paling sekitar satu setengah centong nasi gitu.


Buat proteinnya karena lagi suka sama ikan dan kebetulan di pasar ikan yang cukup menarik untuk dibeli ada ikan tongkol sama ikan tuna. Dua ikan yang menurut saya gampang buat diolah masakan ala-ala hihi.


Untuk ngolah ikannya sendiri, biasanya di grill pakai bumbu bawang putih, lada hitam dan sedikit garam. Untuk ikan tuna, pernah juga saya bikin tuna mayo ala-ala, biar gak bosen makannya.


Untuk sayurnya lagi seneng sama baby buncis, ditumis cuman pake bawang putih sama garem dikit aja. Kadang pakai kimchi atau tambah sama kol juga. Tergantung stok makanan di rumahnya lagi ada apa.

 

Makan malam

Nah, kalau untuk makan malam kebetulan karena cuman makan buah, gak sempet saya poto tu buah-buahannya. Tapi biasanya saya makan pisang, apel, pir, mangga atau nanas. Kadang kalau lagi bosen makan langsung buahnyanya, biasanya dibikin salad buah atau jus biar lebih bervariasi lagi.

Β 

Itu beberapa makanan yang saya makan selama kurang lebih selama dua minggu kemarin. Kenapa cuman dua minggu kemarin, karena kebetulan seminggu ini lagi ada mertua dan adik ipar yang datang ke rumah, jadi saya ga bisa ngelanjutin diet saya selama seminggu ini (sedikit curcol hihi).

Β 

Walaupun selama ada mertua dan adik ipar dateng, saya tetep makan dikit. Karena sekarang tu makan dikit aja udah kenyang banget. Apalagi kalau udah cheating, udah deh ga bisa makan banyak-banyak kaya dulu.

Β 

Selama dua minggu kemarin dengan mengatur pola makan dan ditambah dengan detox water fasting kemarin kurang lebih sudah turun 2 kg. Walaupun progresnya bisa dibilang lambat, tapi saya lebih seneng kaya gini. Karena efek untuk naiknya berat badan pun lebih lambat juga.

Β 

Kalau temen-temen ada pengalaman berjuang buat nurunin berat badan, boleh banget loh sharing juga disini. Siapa tau caranya ada yang bisa saya ikutin hehe ^_^.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.