COOK & RECIPE

Ikan Tongkol Suwir (Abon Tongkol)

Zaman-zaman ngekost adalah zaman dimana sering eksperimen masak. Apalagi kalau pas gas di dapur bersama abis, tapi udah keburu nyiapin bahan masakan jadi deh muter otak buat tetep masak bahan makanan yang udah disiapin.

 

Zaman ngekost dimana pengen makan enak, banyak tapi tetep murah, maka disaat itu kreativitas masak pun terlatih haha. Prinsip makan pada saat itu adalah yang penting enak buat diri sendiri, kalau ada yang suka sama masakan yang dibuat saya ya Alhamdulillah.

 

Beberapa waktu yang lalu tiba-tiba ada temen di tempat kerja dulu yang kontak, nanyain resep ikan tongkol suwir (biasanya saya sering bilang juga abon tongkol) yang fenomenal pada saat itu haha. Lucunya dulu ga sengaja bikin tu makanan dan pas temen-temen nyobain, eh pada suka. Akhirnya dijual deh itu ikan tongkol.

 

Sempet juga udah mau dibikinin logo sama temen, terus udah nyari-nyari wadahnya juga, sempet nyari-nyari nama merknya biar serius jualannya, tapi sampe sekarang ga jadi-jadi jualannya haha.

 

Ya udah deh, dari pada kepanjangan ini dia resepnya :

 

Bahan :

  • Tongkol pindang 250 gr

  • Bawang merah 3-4 buah

  • Bawang putih 2-3 buah

  • Bawang daun (opsional)

  • Cabe rawit, pedas sesuai selera

  • Garam, secukupnya

  • Gula pasir, secukupnya

  • Lada putih (opsional)

  • Minyak secukupnya untuk menumis

 

Cara Membuat :

  1. Suwir kecil-kecil pindang tongkol, sisihkan.

  2. Iris halus bawang merah, bawang putih, bawang daun dan cabe rawit.

  3. Panaskan minyak kurang lebih 2-3 sdm atau secukupnya, kemudian tumis bumbu yang telah diiris. Masak hingga agak layu.

  4. Masukan pindang tongkol yang sudah disuwir. Kemudian masukan garam, gula pasir dan juga lada. Aduk hingga tercampur rata.

  5. Aduk terus hingga minyak terserap kedalam tongkol. Kalau minyak sudah terserap semua, memasaknya jadi seperti menyangrai.

  6. Terus diaduk supaya tongkol tidak gosong dan masak hingga tingkat kering yang diinginkan.

  7. Koreksi rasa.  Jika sudah sesuai, tongkol suwir siap dihidangkan.

 

Note :

Kalau tongkol dimasak sampe benar-benar kering, tongkol suwir bisa ditaruh di wadah kedap udara dan bisa bertahan kurang lebih 2 minggu di suhu ruangan. Untuk rasa, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Kalau suka pedas, tinggal memperbanyak cabe rawitnya saja.

 

Selamat mencoba ^_^

Share:

2 thoughts on “Ikan Tongkol Suwir (Abon Tongkol)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *